Rabu, 05 Maret 2014

Membuat SMS Gateway Sederhana Dengan "Gammu"

 

     Hei sobat, gue mau ngeposting artikel pertama di blog gue nih. Isi artikel ini tentang Metode SMS Gateway dengan Gammu. Kebetulan tugas pertama gue di tempat prakerin gue ya tentang SMS Gateway ini. Jujur aja gue baru denger tentang "Gammu" ya kemaren itu waktu di suruh nyari tutorial Gammu..
Karna metode SMS gateway ini nggak terlalu familiar di telinga gue, makanya gue tertarik buat nge'post artikel tentang metode ini. Yapp udah cukuplah basa-basinya, mari kita mulai ke topik utama dari artikel ini..

    "Gammu", ya Gammu adalah tools untuk membangun aplikasi SMS Gateway, Gammu itu bukan sebuah aplikasi, ingat!, Gammu hanyalah Metode yang dapat kita kombinasikan dengan bahasa pemrograman untuk menghasilkan aplikasi berbasis SMS Gateway. Untuk lebih lengkapnya, kalian bisa ngeliat di situs resminya si "Gammu" ini http://wammu.eu/, yap bukannya gue "Typo", tapi nama situs resminya emang Wammu, bukan Gammu, jadi gak usah bingung ya,.. Hoho :v


     Sekarang buat ngeinstall Gammu secara manual di PC kalian, kalian harus ngeDownload dulu tuh Gammu dengan format .zip yang udah ada di situs resminya. Kalo udah kedownload, nih gue kasih step by stepnya..

 1. Extract hasil download kalian di C:/
 2. Abis itu rename folder menjadi "gammu".
 3. Copy file gammurc dan smsdrc dari gammu\share\doc\gammu\examples\config
 4. Paste di gammu/bin
 5. Abis itu, klik kanan gammurc, terus Open with.. pilih yang notepad.
 6. Hapus semua isi dalam file gammurc, lalu isi dengan format sebagai berikut:
     contoh :
     [gammu]
     port = com9:
     connection = at115200
     itu cuma contoh, dalam pengaplikasiannya, port dan connection silahkan di sesuaikan
     dengan modem atau HP kalian, lebih lengkapnya untuk pengisian port, connection,
     serta modem dan hp yang support sama Gammu, silahkan tunggu postingan berikutnya,
     so stay on my blog, OK ? xD
 7. Oh, iya untuk menyempurnakan aplikasi SMS Gateway ini, kalian juga harus punya
     database lho..
     Kalo aku sih pakenya Phpmyadmin yang ada di XAMPP itu lho, kalo yang di PCnya udh
     ke'install  XAMPP, silahkan buka localhost'ny di browser trus pilih phpmyadmin, atau
     langsung aja pake link ini http://localhost/phpmyadmin,
 8. Abis itu di phpmyadmin, silahkan buat database dengan nama bebas, kalo gue sih
     pakenya "smsgateway".
 9. Import file sql dari folder gammu\share\doc\gammu\examples\sql dengan nama mysql.sql
 10. Buka file smsdrc di folder bin tadi dengan notepad, kemudian ubah isinya dengan
       format sebagai berikut:
       [gammu]
# isikan no port di bawah ini port = com9: # isikan jenis connection di bawah ini connection = at115200
[smsd] service = mysql logfile = smsdlog debuglevel = 0 phoneid = prolink commtimeout = 30 sendtimeout = 30 PIN = 1234   # ----------------------------- # Konfigurasi koneksi ke MySQL # ----------------------------- pc = localhost   # isikan user untuk akses ke MySQL user = root # isikan password user untuk akses ke MySQL password = # isikan nama database untuk Gammu database = smsgateway Untuk port dan connection samakan nilainya dengan setingan gammurc. service : service yang dipakai database. Isikan mysql phoneid : Nama id dari modem yang kalian pakai PC : isikan localhost user : username dari database mysql password : password dari database mysql database : nama database sesuai database yang kalian buat Kalo setingan yang lain biarin kayak gitu aja. 11. Cek koneksi Gammu, caranya, buka CMD.. Taukan cara buka CMD ? Masak gak tau xD Masuk ke folder bin lewat CMD. ketik gammu -- identify 12. Install service dengan perintah gammu-smsd  -c smsdrc -i 13. Jalankan service dengan perintah gammu-smsd -c smsdrc -s 14. Coba kirim sms dengan perintah: gammu-smsd-inject -c smsdrc TEXT +6285640380580 -text "Test" 15. Langkah terakhir, silahkan buat form" untuk mempermudah pembuatan sms sesuai kreasi kalian. Yahh, cukup sampai disini dulu ya artikel ini. Makasih udah mau nge'baca sampe selesai. Bye :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar